Cara mengatasi error code WiFi.disconnect(true) tidak bisa menghapus SSID and password pada ESP32

Halo para pembaca sekalian, Selamat Hari Ini! Pada Artikel ini kita akan membahas permasalahan yang terjadi pada saat coding board saudara satu perguruan dari NodeMCU, yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Tidak lain dan tidak bukan adalah ESP32. Adapun ESP32 ini memiliki banyak jenis yang cukup beragam seperti ESp32 DEVKIT DOIT, ESP-32s NodeMCU, Wemos Lolin32 … Read more

Penggunaan Arduino dalam Kehidupan Sehari-hari

Arduino sebagai salah satu mikrokontroler yang paling populer di dunia. Arduino merupakan pengendali mikro single-board yang sifatnya open source. Arduino menggunakan AVR sebagai chip mikrokontroler untuk komponen utamanya. Dan chip ini juga didesain open source. Mikrokontroler tersebut merupakan integrated circuit atau chip yang dapat dengan mudah diprogram pada komputer sesuai kebutuhan. Mikrokontroler tersebut bisa digunakan … Read more

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Bagi Kamu yang sedang mengerjakan penulisan buku, skripsi, dan thesis, maka perlu untuk mengerti cara membuat daftar isi. Khususnya jika dokumen yang kamu tulis memiliki jumlah halaman yang banyak, maka sudah pasti akan membutuhkan daftar isi. apa jadinya jika tidak ada daftar isi? sudah pasti akan sulit untuk menemukan atau mencari halaman yang ingin kita … Read more

Jasa Tugas Akhir Elektronika Internet of Things Arduino IOT Jakarta Termurah di Indonesia

Jasa Pembuatan Project Tugas Akhir Elektronika Internet of Things Arduino IOT Jakarta Indobot Project menyediakan jasa elektronik untuk berbagai jenis pembuatan Alat Arduino IoT, seperti pembuatan sistem berbasis arduino, jasa pembuatan board pcb, jasa project elektronika hingga jasa pembuatan Alat Arduino IoT sensor dari professional dengan teknologi modern dan canggih. Mari bekerjasama dalam membuat Alat … Read more

Kamu Fresh Graduate? Ini Rahasia Agar CV Menarik!

Bagi kamu mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate , langkah awal yang harus kamu persiapan untuk memasuki dunia kerja adalah mempersiapkan CV yang menarik.

CV atau Curiculum Vitae, adalah dokumen yang harus disiapkan dan dipersiapkan oleh pelamar kerja dengan cara terbaik jika mereka ingin melamar pekerjaan.

Hal ini dikarenakan dokumen ini sering diminta sebagai salah satu persyaratan wajib dalam proses rekrutmen.

Bentuk CV juga sangat beragam dan berkisar dari yang sederhana hingga penuh dengan desain yang menarik dan kreatif yang memberikan poin positif pada CV.

CV merupakan sarana untuk menujukkan hasil kerja keras dan pengalaman yang kamu peroleh. Akan tetapi, bagaimana jika kamu belum memiliki pengalaman kerja sama sekali?

Tidak perlu khawatir saudara-saudara, dalam artikel ini kita akan membahas tuntas tentang cara menjadikan CV kamu menarik meskipun tanpa pengalaman kerja.

Berikut merupakan hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam menyusun CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja.

1. Buat introduction yang menarik

Sumber: canva.com

Langkah pertama yang harus kamu persiapkan adalah membuat bagian introduction. meskipun kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu harus tetap bisa mempromosikan dirimu dengan baik.

Bagian ini bisa menjadi tempat untuk kamu menujukkan potensi kamu.

Tuliskan kalimat yang menunjukkan rasa optimismu sebagai fresh graduate yang cocok untuk diiterima, walau masih minim pengalaman.

jangan hanya menuliskan kalimat seadanya, misalnya: “Halo, Saya Budi. Saya siap bekerja dalam bidang apapun”.

berikut ini merupakan contoh penulisan kalimat introduction yang menarik:

“Saya merupakan seorang pribadi yang sangat gigih, cepat beradaptasi, dan bersemangat (tulis gelar sarjana kamu). Bersemangat untuk mempelajari hal-hal baru dan menghadapi tantangan apa pun. Saya mampu bekerja secara individu dan tim”.

Dengan CV introduction, perekrut sudah bisa mendapatkan kesan awal yang baik untuk kamu, jangan lupa cantumkan IPK kamu jika diatas 3,0 agar menjadi salah satu keunggulan yang kamu miliki.

2. Tuliskan informasi pendidikan dengan jelas

Sumber: canva.com

Bagi CV fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menambahkan hal lain pada kolom ini dengan tujuan untuk menambahkan keunggulan yang kamu miliki.

Kolom Informasi Pendidikan umumnya mencantumkan nama perguruan tinggi, jurusan, tahun kelulusan, dan nilai rata-rata.

Kamu juga dapat mencantumkan kegiatan kemahasiswaan (UKM), kegiatan sukarelawan, kursus atau seminar, serta karya akademis kamu.
Bagaimana jika kamu juga tidak berpartisipasi dalam kegiatan kampus?
Tenang saja. Kamu masih bisa membuktikan keunggulan kamu dengan menyerahkan sertifikat untuk seminar, kursus, atau kegiatan sukarela yang kamu selesaikan selama belajar.
Pastikan relevan dengan posisi yang kamu lamar ya!

3. Cantumkan prestasi dan skill

Sumber: canva.com

Pencapaian yang kamu raih tidak akan sia-sia, bahkan pencapaian tersebut akan sangat memberikan kamu nilai unggul.
Bagian “prestasi” pada CV fresh graduate juga dapat menunjukkan sedikit karakter dalam berorganisasi atau bekerja sebagai sebuah tim.
Di bagian Keterampilan, coba cantumkan soft skill dan hard skill yang kamu miliki. Dengan begini kamu akan tetap memiliki keunggulan.

4. Jujur dalam semua yang kamu tuliskan

Sumber: canva.com

kejujuran akan selalu menjadi awalan yang baik dalam menapaki karimu.

tidak perlu melebih-lebihkan hal yang tidak diperlukan, tetaplah mejadi dirimu sendiri.

perekrut juga mengetahui mana kandidat yang jujur dan tidak.

5. Buat CV yang ATS Friendly

Saat ini sudah banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan software ATS untuk me-review CV.

Teknologi ini banyak digunakan oleh perekrut untuk menyortir CV sebelum dibaca.

Oleh karena itu, CV ATS yang mudah diidentifikasi diperlukan agar Anda lulus penilaian dan memiliki kesempatan untuk wawancara.

Baca Juga artikel kami tentang CV ATS Friendly:

Apa itu CV ATS Friendly? Mahasiswa dan Fresh Graduate Wajib Tau!

Last, begitulah tips dari kami tentang CV Fresh Graduate. Jika kamu ingin membuat project Arduino dan IoT (Internet of Things) dapat melakukan pemesanan melalui form pada link berikut:

Keluarga baru Arduino, Arduino Nano!

Arduino meluncurkan produk Arduino Nano pada acara Maker Faire Bay Area 2019 yang diselenggarakan di San Mateo, California. Produk ini dibuat memang untuk menyasar pasar para makers. Adapun kebutuhan para makers adalah sebuah board yang harganya terjangkau, peformanya baik, dan memiliki ukuran yang kompak. Pihak Arduino mengklaim bahwa Arduino Nano juga memiliki kualitas yang sama dengan board Arduino yang lainnya. Kualitas dan … Read more

Kamu Mahasiswa Kupu-Kupu? Ini tips agar CV-mu Berisi!

Dalam dunia perkuliahan pasti sering mendengar istilah mahasiswa kupu-kupu dan mahasiswa kura-kura. Lantas, apa sebenarnya arti dari mahasiswa kupu-kupu? sumber: https://www.instagram.com/hello_jby/ Arti atau pengertian dari istilah kupu-kupu adalah kependekan dari kuliah-pulang kuliah-pulang, biasanya mereka hanya datang ke kelas dan pulang saat kegiatan kelas selesai. Mahasiswa kupu-kupu cenderung tidak mengikuti sejumlah kegiatan organisasi di kampus, menjadi … Read more

Sistem IoT untuk Peternakan Ayam

Industri 4.0? Nampaknya sekarang sedang banyak yang membicarakan hal ini ya. Perkembangan zaman dan teknologi semakin membuat kemajuan yang begitu signifikan dalam semua bidang kehidupan. Industri 4.0 sedang digalakkan secara masif di berbagai bidang dari industri, ekonomi, dan tak ketinggalan juga bidang peternakan. Akan tetapi, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang masih belum mengerti … Read more

3 Hal Ini yang Harus Anda Waspadai Selama Harbolnas!

Halo para pembaca sekalian, Selamat Hari Ini! Kembali lagi di hari sabtu yang cerah ini, kita akan membagikan berita terkini tentang teknologi yang sedang ramai diperbincangkan dalam seminggu terakhir.  Oke kali ini menjelang event besar yang dinanti-nantikan oleh para khalayak masyarakat ramai, yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah HARBOLNAS 12.12! Di tahun 2021 ini, … Read more

Penyebab IC Arduino Panas dan Cara Mengatasinya

Halo para pembaca sekalian, Selamat Hari Ini! Kali ini masih tetap membahas mikrokontroler sejuta umat, tidak lain dan tidak bukan adalah Arduino. A Special Shout Out untuk Hernando Barragan, karena berawal dari thesis beliau Arduino ini dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles. Sehingga kita sekarang bisa menggunakan Arduino untuk berbagai macam project kita. Apalagi … Read more

whatsapp