Berkenalan dengan salah satu keluarga Arduino, Leonardo!

Arduino merupakan salah satu mikrokontroler paling populer. Bermula dari tesis mahasiswa di Italia, kini Arduino berkembang sangat pesat dengan jumlah pengguna yang luar biasa banyak di seluruh dunia. Selain itu, komunitas Arduino juga sangatlah besar, hal inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab arduino sangat diminati berbagai kalangan.

Arduino memiliki berbagai macam varian, kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu keluarga Arduino, Leonardo!
Leonardo? Aktor pemeran film titanic? bukan dong!

Tentang Arduino Leonardo

Arduino Leonardo adalah papan mikrokontroler berbasis ATmega32u4. Arduino Leonardo memiliki 20 digital pin input/output (yang mana 7 pin dapat digunakan sebagai output PWM dan 12 pin sebagai input analog), 16 MHz kristal osilator, koneksi micro USB, jack power suplai tegangan, header ICSP, dan tombol reset. Ini semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler. Cukup dengan menghubungkannya ke komputer melalui kabel USB atau power dihubungkan dengan adaptor AC-DC atau baterai untuk mulai mengaktifkannya.

Leonardo berbeda dari semua papan Arduino yang lainnya karena ATmega32u4 secara terintegrasi (built-in) telah memiliki komunikasi USB, sehingga tidak lagi membutuhkan prosesor sekunder (tanpa chip ATmega16U2 sebagai konverter USB-to-serial). Hal ini memungkinkan Arduino Leonardo yang terhubung ke komputer digunakan sebagai mouse dan keyboard, selain bisa digunakan sebagai virtual (CDC) serial/COM port.

Spesifikasi Teknis

Berikut Spesifikasi Arduino Leonardo berdasarkan data yang ada pada website resmi Arduino:

Microcontroller : ATmega32u4

Operating Voltage : 5V

Input Voltage (Recommended) :7-12V

Input Voltage (limits) : 6-20V

Digital I/O Pins : 20

PWM Channels : 7

Analog Input Channels : 12

DC Current per I/O Pin : 40 mA

DC Current for 3.3V Pin : 50 mA

Flash Memory : 32 KB (ATmega32u4) 4 KB used by bootloader

SRAM : 2.5 KB (ATmega32u4)

EEPROM : 1 KB (ATmega32u4)

Clock Speed : 16 MHz

Length : 68.6 mm

Width : 53.3 mm

Weight : 20 g

salah satu fitur utama yang harus Anda miliki mengetahui tentang Arduino Leonardo adalah pinout Anda, yaitu pin atau koneksi yang Anda miliki. Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, ini tidak sama dengan papan UNO Rev3. Ada beberapa perbedaan antara kuantitas, batasan, dan bus.

Perbedaan dengan Arduino UNO

Pada dasarnya, Arduino Leonardo memiliki kemiripan dengan Arduino UNO R3. Secara fisik tampaknya memiliki dimensi yang sama dan jumlah pin yang sama. Selain itu, mereka diatur dengan cara yang sama. Catu daya juga sama, dan bahkan frekuensi disediakan oleh generator frekuensi. A0-A5 juga dapat dikonfigurasi sebagai digital dengan fungsi tersebut pinMode (nomor pin, mode). Lantas, dimana letahk perbedaanya?

Nah, salah satu perbedaan utama antara kedua papan pengembangan ada di mikrokontroler. Sementara UNO didasarkan pada ATmega328, Arduino Leonardo adalah berdasarkan ATmega32u4 dalam revisi terbaru mereka. Dalam kasus ATmega328, ia tidak memiliki komunikasi USB internal, jadi diperlukan konverter untuk port serial tersebut. Fungsi yang dilakukan oleh sirkuit terintegrasi ATmega16u2.

Dalam kasus ATmega32u4, komunikasi USB sudah diterapkan, sehingga chip kedua tidak diperlukan. Bahwa, pada tingkat pengguna praktis, hal itu membuat perbedaan. Saat Anda menghubungkan papan Arduino UNO, port COM virtual ditetapkan untuk komunikasi. Sementara di Leonardo, pelat dikenali oleh komputer seolah-olah itu adalah perangkat USB seperti mouse atau keyboard. Ini memungkinkan penggunaan fungsi mouse dan keyboard.

Perbedaan lainnya terletak pada saluran input analog. Saat di Arduino UNO Ini hanya memiliki 6 saluran, di Arduino Leonardo yang dimilikinya dengan 12 saluran. Itu untuk A0-A5, dan untuk pin 4, 6, 8, 9, 10, dan 12 yang akan sesuai dengan saluran A6-A11.

Selain itu, Leonardo memiliki satu lebih dari satu PWM. Selain kartu yang sama untuk ONE, kartu lainnya ditambahkan ke pin 13. Sisanya akan sama untuk kedua kartu, yaitu pada pin 3, 5, 6, 9, 10 dan 11.

Last, itulah beberapa uraian singkat tentang Arduino Leonardo. Apabila Anda membutuhkan jasa pengerjaan project terkait Arduino IoT dan ingin memesan project bisa melakukan pemesanan dengan klik tombol dibawah ini:

Jika ada pertanyaan terkait pemesanan project bisa menghubungi – 081325645334 (Indobot Project)

Leave a Comment