Penggunaan Arduino dalam Kehidupan Sehari-hari

Arduino sebagai salah satu mikrokontroler yang paling populer di dunia. Arduino merupakan pengendali mikro single-board yang sifatnya open source.

Arduino menggunakan AVR sebagai chip mikrokontroler untuk komponen utamanya. Dan chip ini juga didesain open source. Mikrokontroler tersebut merupakan integrated circuit atau chip yang dapat dengan mudah diprogram pada komputer sesuai kebutuhan.

Mikrokontroler tersebut bisa digunakan untuk membaca input, memroses input tersebut sehingga mampu menghasilkan output. Di kehidupan sehari hari, kita bisa menemukan penerapan mikorkontroler pada DVD, HP, Mp3, bahkan juga bisa digunakan untuk mengendalikan robot dan mainan lainnya.

Arduino awal mulanya dikembangkan oleh Massimo Banzi dan David Cuartielles di Institute Ivrea, Itali. Tujuan pembuatannya adalah untuk menghasilkan suatu perangkat yang mudah dan murah, sehingga bisa digunakan para siswa dalam membuat perangkat desain dan interaksi. Saat itu perangkat sejenis tergolong rumit dan mahal.

Arduino merupakan perangkat yang memiliki banyak sekali manfaat. Fungsi utama Arduino dapat dipandang sebagai otak pada suatu perangkat. Sehingga jika ditambahkan dengan perangkat lain, Arduino akan mempermudah pembuatan system control, baik yang sifatnya instrumental ataupun otomatis. Oleh karena itu Arduino bisa diterapkan pada banyak hal, sesuai kebutuhan.

sumber: canva.com

Fungsi utama Arduino diciptakan oleh para developer adalah untuk memudahkan pengguna dalam membuat proyek elektronika. Dengan menggunakan Arduino, maka Anda akan lebih mudah dalam membuat rangkaian contoh project Arduino sederhana. Ini karena Arduino memungkinkan kita untuk merakit komponen elektronika tanpa harus repot-repot melakukan penyolderan.

Rangkaian Arduino yang dipadukan dengan kabel jumper dan breadboard, memungkinkanmu untuk membuat rangkaian dengan sistem colok sana sini. Apabila ada kabel yang salah pasang, sangat mudah untuk memperbaikinya. Anda hanya perlu mencabut dan memasangnya lagi semudah menancapkan jarum ke roti.

Dengan demikian, Arduino adalah solusi praktis untuk pemula yang ingin belajar elektronika, robot, dan Arduino project sederhana. Fungsi yang kedua adalah mempermudah penulisan program dan proses upload-nya ke papan sirkuit Arduino.

Mengapa demikian?
Karena Arduino telah menciptakan software khusus yang bernama Arduino IDE yang sudah dilengkapi dengan library.
Yaitu suatu paketan kode yang terdiri atas perintah khusus yang rumit dan akan sangat melelahkan bila diketik manual.
Jadi bisa dibayangkan kalau tidak ada sistem library ini. Tentunya kita akan dibuat sangat kerepotan untuk mengetikkan program rumit dan memusingkan kepala itu.

Untuk mendapatkan library, Anda bisa mengunduhnya langsung dari menu yang ada di software Arduino IDE.
Untuk penggunaanya, Anda hanya perlu memasukkan perintah import pada halaman penulisan kode IDE saat mengerjakan contoh project Arduino Uno sederhana.

Berikut merupakan contoh project arduino yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

  1. Jendela dan gerbang yang otomatis terbuka dan tertutup
  2. Mengontrol peralatan elektronik yang ada di rumah dengan smartphone.
  3. Tempat sampah yang bisa terbuka otomatis saat ada orang di depannya dan berbunyi saat sudah penuh.
  4. Alat jemuran pakaian otomatis.
  5. Lampu rumah yang menyala otomatis saat malam hari dan mati saat siang hari.
  6. Alat penyortir benda berwarna khusus.
  7. Mesin penetas telur otomatis
  8. Robot pembersih lantai dengan Arduino Nano.
  9. Alat pendeteksi kebocoran gas LPG dengan Arduino Uno R3.
  10. Alat Presensi dengan RFID Arduino

Last, itulah beberapa project Arduino yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Apabila Anda membutuhkan jasa pengerjaan project terkait Arduino IoT dan ingin memesan project bisa melakukan pemesanan dengan klik tombol dibawah ini:

Jika ada pertanyaan terkait pemesanan project bisa menghubungi – 081325645334 (Indobot Project)

Leave a Comment