Apa itu CV ATS Friendly? Mahasiswa dan Fresh Graduate Wajib Tau!

Mungkin banyak dari Mahasiswa dan Fresh Graduate yang sudah sering mengirim CV untuk melamar magang atau kerja, namun tak satupun ada yang dilirik oleh HRD. yups, penulis juga pernah mengalami masa-masa itu, rasanya kira-kira seperti dalam meme dibawah ini:

Sumber: Twitter.com

Tapi, faktanya bukan hanya karena pihak HRD tidak tertarik, namun ada faktor lain yang menjadi penyebab tertolaknya lamaran kita oleh calon mertua HRD. apakah itu? ya, penting untuk pembaca sekalian ketahui, bahwa di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, terdapat teknologi yang digunakan oleh HRD untuk memilih CV yang cocok dengan requirement mereka, yaitu ATS.

“Apa tuh ATS? Alat Tulis Sekolah?”

Tentu saja bukan, dong! oke baiklah pada artikel ini akan penulis sampaikan tentang apa itu ATS yang telah penulis kumpulkan dari berbagai sumber.
Menurut Artikel yang dipublish pada tahun 2012 oleh Lauren Weber di The Wall Street Journal dengan Judul “Your resume vs. Oblivion” definisi ATS (Applicant Tracking System) adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan penanganan rekrutmen dan kebutuhan perekrutan secara elektronik. ATS dapat diimplementasikan atau diakses secara online di tingkat perusahaan atau usaha kecil, tergantung pada kebutuhan organisasi. Perangkat lunak ATS gratis dan open-source juga tersedia. ATS sangat mirip dengan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM), tetapi dirancang untuk tujuan pelacakan rekrutmen. Dalam banyak kasus, mereka memfilter aplikasi secara otomatis berdasarkan kriteria yang diberikan seperti kata kunci, keterampilan, kantor sebelumnya, pengalaman bertahun-tahun, dan sekolah yang pernah diikuti. Hal ini menyebabkan banyak orang mengadaptasi teknik pengoptimalan resume yang serupa dengan yang digunakan dalam pengoptimalan mesin telusur saat membuat dan memformat resume mereka.

ATS membantu HRD mengelola proses perekrutan secara menyeluruh, dari pencarian sumber hingga perekrutan SDM, dan membantu mengotomatiskan operasi perekrutan pada sebuah perusahaan.

Sumber: Canva.com

Lantas, Mengapa banyak perusahaan memilih perangkat lunak ATS?

Ya, tentu saja karena semakin sengitnya persaingan untuk mendapatkan SDM dan talenta yang tepat, tak hanya pelamar yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, tapi perusahaan juga kesulitan mendapatkan talenta berbakat yang cocok dengan kebutuhan perusahaan. jadi dengan kondisi seperti itulah perekrut zaman sekarang menggunakan solusi praktis dan memperlancar proses perekrutan.
selain itu, dengan segala kepraktisan ATS akan memudahkan HRD dalam meneliti CV serta lebih cepat. Coba saja bayangkan bagaimana meneliti ratusan hingga ribuan CV per harinya secara manual? tentu saja banyaknya lamaran tentu membuat HRD membutuhkan waktu cukup lama untuk mencari kandidat yang tepat. Tidak heran jika proses seleksi administrasi kadang membutuhkan waktu cukup lama. Perusahaan besar saat membuka lowongan kerja pasti banyak mendapatkan kiriman surat lamaran. Tidak hanya ratusan, bahkan ribuan lamaran kerja diterima oleh pihak HRD instansi.

Sumber: Canva.com

Aplikasi ini mempermudah pihak personalia untuk mencari kandidat yang sesuai kriteria perusahaan. ATS akan mengumpulkan data dan mengorganisir lamaran yang terbaik dan sesuai kriteria. Setelah datanya terkumpul sesuai krtiteria yang dibutuhkan, selanjutnya dapat dipergunakan untuk tahap selanjutnya.

karena pengumpulan data dilakukan oleh kecerdasan buatan, beberapa CV yang tidak ATS Friendly terpaksa tersingkir. Hal ini menyebabkan pelamar tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Namun, ternyata kita bisa mengakalinya dengan membuat CV atau resume yang ATS Friendly.

untuk tips membuat CV ATS Friendly dapat dilihat pada artikel berikut:

jika anda ingin membuat project Arduino dan IoT (Internet of Things) dapat melakukan pemesanan melalui form pada link berikut:

1 thought on “Apa itu CV ATS Friendly? Mahasiswa dan Fresh Graduate Wajib Tau!”

Leave a Comment