Arduino buatan Merk Lokal Indonesia?

Di Tengah perkembangan teknologi elektronik dan dunia industri yang semakin berkembang pesat, tentu sudah menjadi hal umum tentang digitalisasi dalam berbagai bidang. Tidak hanya pada bidang yang berkaitan dengan teknologi, dunia pertanian dan perikanan juga mulai merambah dalam era digitalisasi. Digitalisasi besar-besaran dalam semua sektor sedang dilakukan, beberapa sektor yang dulunya dilakukan secara manual sudah mulai diubah menjadi digital.

Berbekal adanya pergeseran menuju era digital seperti sekarang ini. Mikrokontroler sudah menjadi kebutuhan penting sebagai komponen dalam melakukan digitalisasi atau merubah proses kerja yang sebelumnya manual menjadi digital.

Arduino sudah tidak bisa dipungkiri lagi masih merupakan mikrokontroler paling populer didunia. Mikrokontroler Arduino Uno memiliki hak open source, dimana kita bisa kreasikan sendiri project yang kita buat tanpa akan menimbulkan masalah hak cipta. Software Arduino IDE bisa di install di berbagai OS, dan tidak berbayar. saat ini telah banyak beredar dengan bebas berbagai jenis Arduino yang diproduksi oleh pihak ketiga, tentunya dengan harga lebih murah.

Namun tahukah Anda, ternyata indonesia juga memiliki produk Arduino karya anak bangsa juga lho.

Rainboard, mikrokontroler buatan indonesia!

Ya, kita tidak perlu lagi melakukan import dari luar negeri, karena saat ini Indonesia sudah ada yang bisa membuat mikrokontroler sendiri yang dikenal dengan nama “Rainboard” dan Mikrokontroler made in Indonesia tersebut dibuat oleh PT. Rainboard Teknologi Robotik Indonesia yang produk mikrokontrolernya sudah dipasarkan di beberapa daerah di Indonesia, dan sudah memiliki distributor resmi juga di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Palembang dan berbagai darah lainnya di indpnesia.

Terdapat beberapa Versi Rainboard yang sudah bisa digunakan untuk mendukung program digitalisasi dan Industri 4.0 dan akan terus dikembangkan dengan inovasi dan perbaikan untuk membuat mikrokontroler Rainboard menjadi semakin berkualitas dan mampu bersaing dengan beberapa Brand Mikrokontroler terkenal seperti Arduino, Rasberry dll.

Rainboard sudah tersedia 3 Series Rainboard dan 3D Pen.

Rainboard RGB : Penampilannya hampir sama seperti Arduino Uno, tapi ada beberapa tambahan fitur yang tidak dimiliki oleh Arduino Uno seperti namanya RGB dikarenakan ada penambahan LED RGB.

Rainboard Minimax : Varian mini dari Rainboard Series.

Rainboard Wifi : Series ke-3 dalam Rainboard dan juga series tertinggi dengan ditambahkannya modul WIFI.

Mikrokontroler Rainboard sendiri sebelum dipasarkan dan dipakai oleh banyak mahasiswa sebagai media belajar dalam dunia mikrokontroler atau robotic, sudah dipakai juga dalam pembuatan beberapa project perubahan dari analog ke digital, berikut contoh project mikrokontroler Rainboard yang sukses dalam membangun sebuah sistem digitalisasi.

Untuk harga Mikrokontroler Rainboard sendiri berkisar antara 50 ribu sampai dengan 60 ribu, sehingga bagi kalian yang ingin mencari mikrokontroler sebagai praktek di kuliah atau untuk pembelajaran di dunia pendidikan harga tersebut sangat ekonomis.

Bahasa pemrograman yang digunakan mikrokontroler Rainboard menggunakan C++ dan sama dengan bahasa pemrograman pada mikrokontroler Arduino, sehingga bagi kalian yang ingin mencari referensi script akan sangat dimudahkan, karena di internet cukup banyak contoh project dengan bahasa pemrograman C++ menggunakan Arduino.

Last, itulah sekilas tentang monitoring solar panel menggunakan Arduino. Apabila Anda membutuhkan jasa pengerjaan project terkait Arduino IoT dan ingin memesan project bisa melakukan pemesanan dengan klik tombol dibawah ini:

Pesan Coding Arduino dan Jasa Alat IoT

Jika ada pertanyaan terkait pemesanan project bisa menghubungi – 081325645334 (Indobot Project)

 

referensi:

  • edukasielektronika.com
  • miraclewijaya.com

Leave a Comment