Arduino UNO VS nodeMCU

Mikrokontroler! bagi kita yang berkecimpung dalam dunia elektronika khususnya embedded sistem merupakan sebuah makanan sehari-hari. Mulai dari siswa, mahasiswa, antusias, hingga praktisi pasti mengetahui apa itu mikrokontroler.

Untuk pasaran indonesia, Arduino merupakan salah satu mikrokontroler yang paling populer. Arduino adalah mikrokontroler / pengendali mikro papan tunggal(single board) yang bersifat sumber terbuka dan menjadi salah satu proyek Open Source Hardware yang paling populer. Dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat kerasnya memiliki prosesor Atmel AVR.

Bertahun-tahun Arduino menjadi penguasa pasaran mikrokontroler di Indonesia. Sebelum kemunculan NodeMCU.NodeMcu adalah sebuah mikrokontroler open source yang digunakan untuk pengembangan IOT. NodeMcu sendiri sebenarnya hampir sama dengan arduino. Sama- sama menggunakan bahasa C++ dan dapat di program melalui arduino IDE. Tapi yang membedakannya adalah dalam NodeMcu ini sudah tertanam modul ESP8266, sehingga untuk mengkoneksikan dengan internet tidak perlu modul tambahan lagi. Ukurannya pun lebih kecil dan tentunya harganya lebih murah daripada Arduino Uno. Untuk USB transfernya pun cukup menggunakan USB Smartphone Android.

Arduino dan NodemCU sebenarnya sama-sama populer dan banyak digunakan. Dua papan mikrokontroler ini sangat banyak digunakan oleh mahasiswa teknik elektro maupun teknik elektronika karena penggunaan-nya yang sangat praktis dan simpel ditambah dengan harganya yang sangat pas untuk kantong pelajar.

Kepopuleran dua buah mikrokontroler ini juga dikarenakan mudahnya pemrograman dari mikrokontroler ini dimana terdapat banyak sekali library dari sensor – sensor yang tersedia di internet. Hal tersebut membuat pengguna tinggal meng-copy paste coding tersebut dan menanamkan-nya ke Arduino maupun NodeMCU. Selain itu software yang digunakan untuk memprogram juga sama yaitu menggunakan Arduino IDE.

Akan tetapi apa Perbedaan NodeMCU dan Arduino? Oke kita bahas pada artikel kali ini!

Perbedaan NodeMCU dan Arduino UNO

Pada dasarnya perbedaan mendasar antara dua mikrokontroler ini adalah pada NodeMCU terdapat fungsi khusus yang dapat menghubungkan ke jaringan wifi tanpa perangkat tambahan

Sementara itu pada arduino, untuk menghubungkan papan mikrokontroler ini ke jaringan wifi maka harus menggunakan perangkat tambahan seperti Ethernet Shield atau Esp8266.  

Tegangan Output

Pada arduino mempunyai dua jenis tegangan output yaitu 3,3 Volt DC dan 5 Volt DC. Sementara itu NodeMCU hanya mempunyai satu tegangan output yaitu 3,3 Volt DC.

Hal tersebut tentu akan menjadi masalah ketika ingin menghubungkan NodeMCU dengan actuator tertentu yang membutuhkan daya 5 Volt untuk bisa bekerja misalkan Relay, Selenoid, Kipas DC dan lain lain.

Output Pin Digital

Pada Mikrokontroler arduino output pin digital ini mempunyai tegangan 5 Volt saat logika HIGH dan 0 Volt saat logika LOW. 

Berbeda dengan pin Digital pada NodeMCU yang mempunyau tegangan output 3,3 Volt ketika logika HIGH dan 0 Volt ketika logika LOW.

Input Pin Analog

Input maksimal pada pin analog NodeMCU ini hanya 3,3 Volt sehingga mempengaruhi pembacaan sensor tertentu.

Sementara itu pin Analog pada arduino mempunyai input maksimal 5 Volt DC.

Kapasitas RAM

NodeMCU hadir dengan 128KB RAM dan UNO hanya 2kB RAM sehingga NodeMCU memiliki lebih banyak ruang RAM.

Kapasitas ROM

NodeMCU memiliki 4MBytes ROM (flash) dan UNO hanya 32 KB, NodeMCU dapat menyimpan lebih banyak kode dibandingkan dengan UNO.

Jenis Port USB

NodeMCU dilengkapi dengan port micro USB dan UNO dilengkapi dengan konektor USB tipe B, kabel micro USB mudah tersedia dibandingkan dengan USB tipe B.

Ukuran Fisik

Papan pengembangan NodeMCU berukuran lebih kecil dibandingkan dengan Arduino UNO.

Harga

Harga NodeMCU dan UNO hampir sama, sehingga Anda dapat memilih untuk membeli NodeMCU.

 

Last, itulah pembahasan tentang Perbandingan Arduino UNO dan NodeMCU. Semoga dapat menjadi inspirasi positif untuk para pembaca sekalian.

Apabila Anda membutuhkan jasa pengerjaan project terkait Arduino IoT dan ingin memesan project bisa melakukan pemesanan dengan klik tombol dibawah ini:

Jika ada pertanyaan terkait pemesanan project bisa menghubungi – 081325645334 (Indobot Project)

 

Leave a Comment