Project IoT dalam Industri

Dunia Teknologi yang lebih canggih dengan cepat membentuk sebuah ekosistem yang sangat bermanfaat bagi pekerjaan manusia. Perangkat pintar, koneksi internet, dan analitik data bertanggung jawab atas kemajuan revolusioner dalam bidang perdagangan, pertanian, maupun industri.  Internet of Things! sebuah istilah yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. 

Teknologi IoT telah memainkan peran penting sebagai game changer dalam Industri, memberikan tingkat efisiensi operasional dan ketersediaan sumber daya yang tak terbayangkan sebelumnya.

Jika kita berbicara dalam bidang industri, teknologi IoT didefinisikan sebagai jaringan perangkat, mesin, dan sensor yang terhubung satu sama lain dan ke Internet, dengan tujuan mengumpulkan data dan menganalisisnya untuk menerapkan informasi dalam perbaikan proses yang berkelanjutan.

Teknologi ini mendorong banyak perusahaan untuk ikut andil dalam pengembangannya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas serta membuat keuntungan lebih optimal.

Oke, pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa contoh penerapan teknologi IoT dalam bidang Industri.

1. Preventive Maintenance

Preventive Maintenance merupakan suatu pengamatan secara sistematik yang disertai analisa teknis-ekonomis untuk menjamin berfungsinya suatu peralatan produksi dan memperpanjang usia pakai suatu peralatan/mesin.

Dengan penerapan IoT pada bidang ini akan memungkinkan dalam melakukan antisipasi mesin yang bermasalah. Sebab, dengan IoT kita bisa menambahkan sensor untuk mendeteksi dan mengirimkan peringatan jika muncul faktor resiko tertentu.

Contohnya, Sensor yang dipasang pada konveyor akan memantau dan memberikan informasi data ke platform jika terdapat masalah secara real-time.

2. Manajemen dan Monitoring Peralatan Otomasi dari Jarak Jauh

sumber: 7wdata.be

Dengan IoT, sangat memungkinkan untuk menerapkan sistem terpusat untuk mengontrol dan memantau semua proses perusahaan.

Karena kemampuan untuk mengontrol peralatan dari jarak jauh melalui mesin dan platform IoT digital, bukan tidak mungkin jika para owner akan dapat mengontrol beberapa pabrik yang terletak di lokasi berbeda.

Selain itu, pencatatan data juga akan lebih mudah secara real-time. Serta pencatatan data tersebut akan sangat bermanfaat dalam improvement kedepannya.

3. Implementasi perbaikan yang lebih cepat 

Teknologi IoT dan perangkatnya menghasilkan informasi berharga sehingga mereka yang bertanggung jawab untuk meningkatkan proses dalam model bisnis industri (insinyur proses, kualitas atau manufaktur) dapat mengakses data dan menganalisisnya lebih cepat dan otomatis, dan dari jarak jauh melakukan penyesuaian proses yang diperlukan. 

Ini juga meningkatkan kecepatan di mana perubahan dan peningkatan diterapkan dalam Operational Intelligence dan Business Intelligence, perubahan yang sudah menawarkan keunggulan kompetitif bagi banyak sekali bisnis industri.

4. Meningkatkan keamanan dan produktivitas

Mesin yang merupakan bagian dari teknologi IoT dapat menghasilkan data waktu nyata terkait situasi di pabrik. Melalui pemantauan kerusakan peralatan, kualitas udara pabrik, dan frekuensi penyakit di suatu perusahaan. Maka dari itu, skenario berbahaya yang mengancam pekerja dapat dihindari .

Ini tidak hanya meningkatkan keselamatan perusahaan secara keseluruhan, tetapi juga produktivitas dan motivasi kerja karyawan. Selain itu, biaya ekonomi dan reputasi yang diakibatkan oleh manajemen keselamatan perusahaan yang buruk dapat diminimalisir.

5. Monitoring dan Pengontrolan Kualitas Hasil Produksi

Kemampuan teknologi IoT lain yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk memantau kualitas produk manufaktur pada setiap tahap, mulai dari bahan mentah yang digunakan dalam proses, hingga cara pengangkutannya (melalui aplikasi pelacakan cerdas), hingga ke reaksi pelanggan setelah produk diterima.

Informasi ini sangat penting ketika ingin meningkatkan efisiensi perusahaan dan menerapkan perubahan yang diperlukan jika kegagalan terdeteksi. Tujuannya, tentu untuk mengoptimalkan proses dan segera mendeteksi masalah dalam rantai produksi. Juga telah dibuktikan bahwa penting untuk mencegah risiko di industri yang lebih rumit, seperti farmasi atau makanan.

Last, itulah pembahasan tentang Project IoT dalam bidang Industri. Semoga dapat menjadi inspirasi positif untuk para pembaca sekalian.

Apabila Anda membutuhkan jasa pengerjaan project terkait Arduino IoT dan ingin memesan project bisa melakukan pemesanan dengan klik tombol dibawah ini:

Jika ada pertanyaan terkait pemesanan project bisa menghubungi – 081325645334 (Indobot Project)

Leave a Comment