Pertanyaan-pertanyaan dalam Diskusi Indobot dan Solusinya

Hallo Gaes.

Saat ini, saya akan mereview pertanyaan-pertanyaan yang bermunculan saat kita diskusi di grup Indobot, baik yang IoT, Arduino,  elektronika, atau yang bertanya langsung ke Minbot.

Semua pertanyaan yang teman-teman sampaikan di grup kita, akan selalu kita coba jawab semampunya yaa. Tapi kalau teman-teman mau konsultasi secara intens bisa langsung hubungi LAYANAN INDOBOT. Tanya-tanya aja, butuhnya apa, inginnya kayak gimana. Pokoknya tanya aja. hehe.

Oke. Gaes langsung saja kali ya, kita coba tarik pertanyaan dari yang terbaru saja. Untuk nama tidak disebutkan yaa. Kalau teman-teman merasa bertanya ini dan masih merasa belum terjawab, tanyakan lagi saja. Okeeyy??

Langsung saja, cus kita ambil hikmahnya. Hehe

Otomatisasi Program Tidak Sesuai dengan IOT

Persoalan seperti ini sebenarnya banyak faktor ya gaes, dari programnya yang salah, pembacaan sensor yang kurang tepat, atau bahkan koneksi yang kurang stabil.

Solusi dari minbot nih.

  1. Perhatikan hasil baca sensor suhu pada Serial Monitor dan kemudian bandingkan dengan hasil pembacaan di platform cloud yang anda gunakan. tambahkan serial.println di tempat setelah pembacaan sensor atau tempat yang berdekatan dengan pengiriman data ke cloud (jangan terpotong kurung kurawal dan delay). Jika anda menemukan perbedaan pembacaan (bukan masalah delay), maka yang kemungkinan salah adalah saat pengiriman ke platform cloud anda.
  2. Jika pembacaan sudah sama, tapi masih juga belum sesuai, maka coba cek program if anda. Menyalakan dan mematikan dalam program if menggunakan sistem boolean dimana berisi sama dengan (==), atau (||), dan (&&), atau yang lainnya. Namun sebenarnya kesalahan penulisannya sudah bisa dideteksi oleh program. Jadi coba lebih perhatikan ke angkanya. Apakah sudah benar?
  3. Jika merasa sudah benar semuanya dan masih begitu, sekarang saatnya pembongkaran program. Hehe. Di sini kita bisa mulai kembali dari awal. Masalah di atas ada pada perbedaan hasil baca program dengan kenyataan. Program di setting 39.1 harus menyala, namun dia menyala di 40.1, dan sebagainya. Maka anda awali dengan program pembacaan suhu dan mengendalikan relay (untuk lampu), (bisa baca di sini), jika sudah benar pembacaannya silakan dilanjutkan dengan pengiriman ke platform cloud yang anda gunakan.

Ketika anda ingin menambahkan dengan program lainnya, pastikan tidak mengganggu program sebelumnya (program sebelumnya harus tetap bisa berjalan dengan baik). Jika masih belum paham dan ingin konsultasi project lebih intens, bisa langsung hubungi saja LAYANAN INDOBOT.

Konsultasikan project mu bersama Tutor Indobot Academy dengan cara registrasi melalui tombol di bawah!

LED RGB KY-016 tidak Menyala

Sekedar info saja ya ke teman-teman semuanya. LED RGB KY-016 itu salah satu LED warna yang berkaki 4, namun sudah memiliki board untuk resistor. Jadi tidak perlu menggunakan resistor lagi.

Nah kita coba cari solusinya.

  1. Kita pastikan dulu bahwa device masih berfungsi dengan baik. Cara mengujinya dengan memasukkan pin GND LED RGB ke GND nodeMCU anda. Kemudian masukkan pin R (red) ke 3.3V di NodeMCU (jangan lupa nodeMCU nya dihubung ke komputer atau ke kepala charger ya). Jika menyala merah, maka LED merah aman, kemudian berulang-ulang seperti itu hingga semua sudah dicek. Ketika semua bisa menyala maka dapat dipastikan device aman.
  2. Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan melihat rangkaian anda. Pastikan pin R G dan B terhubung dengan pin Output PWM. Jika anda menggunakan digital, warna yang dikeluarkan hanya beberapa saja, atau bahkan tidak keluar sama sekali.
  3. Yang terakhir adalah mengecek program. Silakan cek program anda. Yang perlu dicek adalah kemana sambungan pin, program menyalakannya. Jika anda hanya punya pin digital (pin lainnya sudah digunakan) maka anda tetap bisa menyalaka LED RGB dengan memasukkan HIGH (225) atau LOW (0) pada tiap-tiap pin R G dan B.

Jika masih bingung, kita punya artikel nih buat anda yang masih berproject di LED RGB. Silakan bisa klik di sini atau ingin konsultasi intens juga? Silakan bisa hubungi LAYANAN INDOBOT.

baca juga: Tips Mengatasi Error Saat Pengiriman Sketch di Arduino IDE

Invalid Library Found

Lanjut ke diskusi berikutnya yaitu terkait Invalid Library Found (Tulisannya). Secara umum error ini dikarenakan anda memasukkan library yang tidak sesuai dengan library yang sudah anda miliki, baik itu karena salah download library, maupun belum memasukkan  library ke aplikasi Arduino IDE anda. Cara mengecek library seperti ini cukup mudah yaitu dengan copy seluruh library yang anda gunakan, kemudian compiling, jika muncul lagi, hapus salah satu yang memungkinkan menjadi kesalahan dan begitu seterusnya hingga tidak ada error. Coba kembalikan yang sudah dihapus sebelumnya untuk mengecek kembali apakah library yang bermasalah adalah yang sudah kamu hapus terakhir kali atau yang sebelumnya juga.

Namun ternyata kesalahan ini tidak berarti hanya pada library sketch. Namun bisa jadi yang dimaksudkan adalah library board. Board yang dimaksud adalah bagian pemilihan device pada Tools – boards. Biasanya dikarenakan anda ingin memasukkan board baru (contoh seperti NodeMCU). Bisa jadi board yang anda masukkan tidak sesuai sehingga masih ada error saat compiling. Jika masih bertanya-tanya dan belum terjawab, bisa coba hubungi LAYANAN INDOBOT.

 

Sementara segini dulu ya gaes. Sebenarnya masih banyak bahan yang kita diskusikan. Tapi untuk artikel ini, cukup sekian dulu saja. Jika teman-teman pengen minbot lanjutin, komen di bawah. Hehe.

Terima kasih gaess.

Kamu pemula dan ingin belajar/bikin project elektronika dari nol? Ikuti program dari Indobot!

3 thoughts on “Pertanyaan-pertanyaan dalam Diskusi Indobot dan Solusinya”

Leave a Comment